Cara Mencegah Hama dan Penyakit Pada Tanaman Kelapa Sawit

Kelapa sawit merupakan salah satu komoditi perkebunan yang populer di Indonesia. Produksi minyak sawit di Indonesia menduduki peringkat satu dunia. Salah satu faktornya adalah lahan sawit yang sangat luas, yaitu sekitar 14 juta hektare yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Namun, setiap perkebunan pasti memiliki permasalahan yang harus dihadapi, tidak terkecuali perkebunan kelapa sawit. Hal yang kerap kali menjadi musuh para pemilik kebun adalah serangan hama dan penyakit.

Pada artikel sebelumnya, feromonsawit.com telah membahas apa saja hama yang menyerang perkebunan kelapa sawit. Silahkan simak selengkapnya di Hama Pada Tanaman Kelapa Sawit untuk informasi lebih lanjut.

Serangan hama dan penyakit dapat menurunkan hasil panen bahkan menyebabkan kematian bagi tanaman yang berakibat kerugian bagi pemilik kebun. Oleh karena itu, pengendalian hama dan penyakit merupakan poin penting yang harus selalu diperhatikan untuk mencapai produktivitas kelapa sawit yang maksimal. Pada artikel kali ini, Feromonsawit.com akan membahas tentang bagaimana cara untuk mencegah serangan hama dan penyakit pada tanaman kelapa sawit.

Hama merupakan hewan hidup dengan memakan atau merusak tanaman tertentu. Hama menganggap tanaman adalah makanan alamiah yang dikonsumsi untuk hidup. Sedangkan, penyakit disebabkan oleh mikroorganisme tak kasat mata yang merusak jaringan pada tanaman dan menurunkan fungsi kerjanya. Meskipun berbeda, keduanya adalah hal yang ditakuti oleh perkebunan karena dapat menyebabkan kerugian.

Pencegahan hama dan penyakit merupakan salah satu faktor paling penting pada pengelolaan perkebunan kelapa sawit. Kelapa sawit merupakan tanaman yang tidak sulit perawatannya apabila dirawat dengan benar dan efektif. Tahap pencegahan hama dan penyakit juga harus diperhatikan dengan seksama. Apabila tidak segera ditangani, tanaman dapat dengan mudah terjangkit hama ataupun penyakit yang tidak diinginkan. Apabila telah terjangkit, kerugian yang dapat dialami oleh pemilik lahan akan sangat besar. Hasil panen akan tidak memuaskan, pohon-pohon kelapa sawit mati, serta masih banyak lagi resiko yang harus dihindari.

Lantas, bagaimakah cara yang paling efektif agar tanaman kelapa sawit tidak terkena hama dan penyakit? Apakah encegahan yang harus dilakukan agar tanaman dapat tumbuh dengan subur dan sehat? Berikut lima cara untuk mencegah serangan hama dan penyakit.

  1. Menjaga keseimbangan populasi musuh alami dan pathogen di alam tanpa merusak lingkungan. Tidak semua musuh tanaman harus dibasmi hingga tuntas. Keseimbangan ruang perkebunan tetap harus dijaga dengan membiarkan musuh alami dan pathogen tetap ada. Tapi, populasinya perlu dikendalikan dan diperhatikan. Apabila berlebihan, sudah pasti dapat merugikan tanaman sendiri.
  2. Mempersiapkan lahan dan lingkungan perkebunan sesuai agroekologi. Persiapan lahan dan lingkungan yang baik akan meminimalisir potensi tanaman terkena penyakit.
  3. Penanaman pohon yang disukai hama, sehingga yang diserang adalah tumbuhan tersebut, bukan kelapa sawit. Hal ini dapat mencegah serangan hama pada kelapa sawit.
  4. Pemeliharaan satwa atau hewan yang dapat memangsa hama tanaman. Hama yang umumnya berupa serangga dapat ditangani dengan memelihara predatornya.
  5. Menggunakan feromon untuk memerangkap hama. Feromon merupakan senyawa yang dikeluarkan saat musim kawin untuk mengundang lawan jenis pada hewan. Menggunakan feromon dapat menangkap hama secara efektif. Feromon berbeda tiap jenis hama. Oleh karena itu, pastikan feromon yang anda gunakan sesuai dengan hama yang menyerang kebun kelapa sawit anda.
  6. Apabila ada tanaman yang terkena penyakit, segera matikan tanaman dan cabut sampai ke akarnya untuk meminimalisir penyebaran penyakit.

Demikian artikel kami tentang cara mencegah hama dan penyakit pada tanaman kelapa sawit. Terima kasih telah membaca artikel kami. Simak terus website feromonsawit untuk mendapatkan informasi seputar sawit dan hama kumbang tanduk. Feromonsawit.com juga menyediakan feromon untuk menangkap kumbang tanduk yang menjadi hama pada lahan kelapa sawit. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan cek halaman utama website feromonsawit.com atau pun dapat menguhungi kontak yang tertera pada halaman utama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *