Uncategorized

WASPADA!!!!Tanda-tanda Tanaman Sawit Anda di Invasi Hama Kumbang Tanduk

Kumbang Tanduk [Oryctes rhinoceros] adalah hama yang kerap meresahkan para petani Kelapa Sawit. Tidak hanya mengganggu pertumbuhan tanaman sawit tapi juga dapat menyebabkan kematian pada tanaman sawit. kumbang tanduk dewasa berukuran 40-50 mm, berwarna coklat kehitaman, pada bagian kepala terdapat tanduk kecil.

Pada ujung perut kumbang tanduk betina terdapat bulu-bulu halus, sedangkan pada kumbang jantan tidak berbulu. Kumbang menggerek pupus yang belum terbuka mulai dari pangkal pelepah, terutama pada tanaman muda di area peremajaan.

Gejala serangan hama kumbang tanduk adalah tampak guntingan-guntingan atau potongan-potongan pada daun yang baru terbuka seperti huruf “V.” Gejala ini disebabkan kumbang menyerang pucuk dan pangkal daun muda yang belum membuka yang merusak jaringan aktif untuk pertumbuhan. Serangan ini dilakukan oleh serangga jantan maupun betina. Apabila titik tumbuh yang terserang, maka pohon kelapa atau kelapa sawit akan mati karena titik tumbuh tidak dapat menghasilkan daun. Kumbang tanduk ini bisa menimbulkan masalah di area replanting maupun di area tanaman tua. Tanaman kelapa mati atau lapuk serta sampah dan kotoran ternak merupakan tempat yang disukai oleh kumbang tanduk untuk berkembang biak.

21 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *